Analisis Leverage Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. (Kondisi Pandemi Covid-19)

Authors

  • Dyah Cahyasari Universitas Pradita

DOI:

https://doi.org/10.51170/jb.v2i2.281

Keywords:

Leverage, Likuiditas dan Profitabilitas

Abstract

Kondisi Pandemi Covid -19 yang melanda di seluruh dunia, mengakibatkan lumpuhnya roda perekonomian secara global. Khususnya di Indonesia yang mencakup seluruh sektor tanpa terkecuali. Situasi ini berdampak pada tingginya angka kredit macet, penurunan laba perusahaan dikarenakan daya beli masyarakat juga menurun dan tingginya angka PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) sepihak oleh perusahaan, hingga penutupan usaha. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) Mengetahui kinerja keuangan ditinjau dari kewajiban perusahaan (leverage dan likuiditas) terhadap laba yang dihasilkan perusahaan (profitabilitas), (2) Menentukan kebijakan yang diambil untuk mengatasi kinerja keuangan yang kurang baik selama Pandemi Covid-19. Metode pengumpulan data melalui studi kepustakaan dengan teknik pengumpulan data secara time series. Metode analisis data yang digunakan adalah kuantitatif, deskriptif dengan alat analisis rasio keuangan. Terbatas pada data penelitian 3 tahun terakhir (2019 – 2021), PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. berserta entitasnya menunjukkan tingkat leverage dan likuiditas kurang baik, namun masih memiliki ketersediaan kas dan setara kas yang masih sangat baik. Profitabilitas yang dihasilkan perusahaan juga kurang baik karena daya beli masyarakat yang menurun, sehingga mempengaruhi turunnya omset penjualan selama Pandemi Covid-19. Ketiga variabel tersebut (leverage, likuiditas dan profitabilitas) secara bersamaan mempunyai hubungan yang searah dengan turunnya profitabilitas yang dihasilkan oleh perusahaan. Hal tersebut mencerminkan bahwa selama 3 tahun terakhir ini, kinerja keuangan perusahaan kurang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-28

How to Cite

Cahyasari, D. (2022). Analisis Leverage Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. (Kondisi Pandemi Covid-19). Jurnal British, 2(2), 1-15. https://doi.org/10.51170/jb.v2i2.281