Holistic View Of Important Elements For Mobile Commerce Continuance Purchase Intention In Indonesia

Authors

  • Nur Amalyna Yusrin Pradita University

DOI:

https://doi.org/10.51170/jb.v1i2.155

Keywords:

electronic commerce, mobile commerce, S-O-R Framework (Stimulus, Organism, Response), Continuance Purchase Intention, MSMEs (Micro Small Medium Enterprise)

Abstract

Perkembangan internet mengubah cara komunikasi dari satu arah menjadi berbagai arah. Selain itu, internet hadir untuk mempermudah kehidupan manusia dengan mempersingkat proses kerja sehingga terciptanya efisiensi. Salah satu industri yang tumbuh melesat adalah perdagangan. Perdagangan digital atau yang marak disebut e-commerce (electronic commerce) merupakan proses penjualan produk dan atau servis melalui media jaringan internet. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan angka penjualan melalui internet yang didominasi oleh pengguna ponsel pintar. Terlebih, pandemi COVID-19 yang mendorong masyarakat beralih berbelanja menggunakan media digital untuk memutus rantai penyebaran virus dimana seluruh aktivitas dilakukan melalui genggaman yang kita kenal sebagai m-commerce (mobile commerce). Fenomena ini mendorong para pelaku bisnis menggunakan m-commerce sebagai media penjualan jika ingin mempertahankan roda bisnis. Terdapat banyak faktor yang harus dipertimbangkan oleh pemilik bisnis namun investasi untuk memaksimalkan m-commerce cukup tinggi terutama untuk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Peneliti menggunakan metode penelitian sekunder berdasarkan kerangka S-O-R (Stimulus, Organism, Response) untuk melihat stimulan yang paling efektif untuk mendorong konsumen dalam berbelanja berkelanjutan dalam media m-commerce. Penelitian ini bertujuan menghasilkan rumusan teori yang selanjutnya dapat dikembangkan untuk memprioritaskan elemen terpenting sehingga pemilik bisnis mampu mengalokasikan investasi terbaik dalam perngembangan m-commerce terutama diantara faktor kesenangan, pelayanan digital, kemanan, desain, kepuasan dan kepercayaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-28

How to Cite

Yusrin, N. A. (2021). Holistic View Of Important Elements For Mobile Commerce Continuance Purchase Intention In Indonesia. Jurnal British, 1(2), 11-36. https://doi.org/10.51170/jb.v1i2.155