Analisis Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa Sman 95 Jakarta Barat

Authors

  • Fehlaini Arizki Ramadanti M Azis STMIK Nusa Mandiri
  • Belsana Butar Butar Butar STMIK Nusa Mandiri
  • Muhadi Hariyanto STMIK Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.51170/jii.v6i1.151

Keywords:

Google Classroom, Efektivitas, TAM

Abstract

Penggunaan e-learning tidak lepas dari layanan internet karena teknologi pembelajaran yang tersedia sangat lengkap, dengan memanfaatkan Goole Classroom ini maka guru dan siswa akan tersambung secara digital. Salah satu contoh bidang yang banyak memperoleh manfaat dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi adalah bidang pendidikan. Dengan diberlakukannya kebijakan pemerintah Sosial Distancing akibatnya seluruh sekolah di Indonesia harus diliburkan dan kemudian diterapkannya sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dampak penggunaan Google Classroom terhadap keefektifan siswa belajar. Metode yang digunakan adalah TAM dengan perhitungan menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian terdapat pengaruh signifikan penggunaan Google Classroom terhadap efektivitas pembelajaran siswa SMAN 95 Jakarta Barat dengan nilai t hitung > t tabel (0,690 > 0,284) nilai signifikansi 0,05. Artinya penggunaan Google Classroom berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

M Azis, F. A. R., Butar, B. B. B., & Muhadi Hariyanto. (2021). Analisis Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa Sman 95 Jakarta Barat. Jurnal Inovasi Informatika, 6(1), 205-211. https://doi.org/10.51170/jii.v6i1.151