Evaluasi tata kelola IT menggunakan Framework COBIT terhadap pengaruh kinerja di Rumah Sakit

Authors

  • Erik Aditya Gunawan Pradita University
  • Handri Santoso
  • Richardus Eko Indrajit Universitas Pradita

DOI:

https://doi.org/10.51170/jii.v7i1.224

Abstract

Di semua bidang usaha pada saat ini, perkembangan era digitalisasi sangat lah mempengaruhi bisnis proses di dunia rumah sakit dalam memberikan pelayanan. Khususnya dalam hal ini pemberian layanan berbasis digital menjadi peran utama rumah sakit dalam memberikan kebutuhan para pasien agar terselenggara penyediaan kesehatan dapat memenuhi kebutuhan dan arah tujuan dari rumah sakit, yaitu adalah peningkatan efektifitas layanan dan juga efisiensi layanan. Agar dapat terselenggaranya layanan kesehatan berbasis digital yang baik, tentunya dibutuhkan juga tata kelola IT yang baik agar dapat menjaga keberlangsungan penyediaan layanan berbasis digital.

Pada kesempatan ini, peneliti akan mencari hubungan bagaimana evaluasi tata kelola yang baik dengan menilai kematangan dari proses tata kelola IT dengan menggunakan metode COBIT. Sehingga diharapkan dari evaluasi yang dilakukan dapat menjadi acuan dasar bagi management dalam pengelolaan dan pembenahan tata kelola IT agar selaras dengan kebutuhan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya khususnya di dunia kesehatan yang berbasis digital.

Pada penelitian yang dilakukan, dari tingkat kematangan yang ada, dievaluasi dari GAP yang menjadi standar minimal pelayanan bagi rumah sakit terhadap capaian indicator yang diharapkan dari proses yang ada khususnya dalam kematangan dari tata kelola IT yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Gunawan, E. A., Santoso, H. ., & Eko Indrajit , R. . (2022). Evaluasi tata kelola IT menggunakan Framework COBIT terhadap pengaruh kinerja di Rumah Sakit. Jurnal Inovasi Informatika, 7(1), 70-85. https://doi.org/10.51170/jii.v7i1.224