Sistem Informasi Layanan Pengaduan Kerusakan Jalan Berbasis Geographic Information System

Authors

  • Warjiyono Universitas Bina Sarana Informatika
  • Hilda Faiqoturrohmah
  • Sopian Aji Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.51170/jii.v5i1.29

Keywords:

Sistem Informasi, Pengaduan, Sistem Informasi Geografis, Extreme Programming

Abstract

Undang-Undang Republik Indonesia No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan menyatakan bahwa prasarana lalu lintas dan angkutan jalan adalah ruang lalu lintas, terminal, dan perlengkapan jalan yang meliputi marka, rambu, alat pemberi isyarat lalu lintas, alat pengendali, dan pengamanan pengguna jalan, alat pengawasan dan pengamanan jalan, serta fasilitas pendukung.  Dinas Perhubungan kesulitan dalam memantau titik rambu lalu lintas yang tersebar di wilayah Kabupaten Tegal. Masyarakat juga kesulitan dalam mengadukan atau melaporkan adanya kerusakan jalan dan prasarana lalu lintas karena lewat telepon sehingga kurang cepat dan sulit menentukan titik lokasinya. Perlunya media online untuk segera melakukan pengaduan terhadap jalan rusak atau prasaran lalu lintas lainnya yang perlu disampaikan kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal agar segera diperbaiki. Penelitian ini merancang dan membangun sistem informasi geografis layanan aduan jalan berbasis website. Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan Extreme Programming (XP). Metode penelitian mengunakan metode kualitatif dengan teknik analisis data deksriptif. Data diperoleh dengan observasi dan wawancara. Manfaat dari aplikasi ini adalah untuk meningkatkan pelayanan pengaduan masyarakat agar menjadi lebih efektif, efesien, cepat dan transparan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-03-25

How to Cite

Warjiyono, W., Faiqoturrohmah, H., & Aji, S. (2020). Sistem Informasi Layanan Pengaduan Kerusakan Jalan Berbasis Geographic Information System. Jurnal Inovasi Informatika, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.51170/jii.v5i1.29