Perancangan Sistem Informasi Layanan Pengaduan Nasabah Berbasis Web Pada PT. PNM Mekaar

Authors

  • Oki Sumistriani Pradita University
  • Wahyu Tisno Atmojo Pradita University

DOI:

https://doi.org/10.51170/jii.v7i2.340

Keywords:

Sistem Informasi, Pengaduan, Web

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja pelayanan nasabah dengan menyediakan media yang dapat diakses dengan mudah dan cepat dalam menampung, memberikan solusi yang tepat terhadap keluh kesah yang dihadapi nasabah. Peneliti bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi layanan pengaduan berbasis web yang mudah dan efisien digunakan baik nasabah maupun admin serta perusahaan dalam memantau permasalahan yang dihadapi dalam mengembangkan program PT. PNM Mekaar. Peneliti menggunakan metode pendekatan permodelan unified modeling language (UML) dan pengembangan perangkat lunak waterfall dengan database memakai MySQL dan bahasa pemprograman php. Berdasarkan hasil perancangan sistem informasi layanan pengaduan nasabah berbasis web ini dapat meningkatkan kualitas hubungan baik dengan nasabah dan sebagai alternatif dalam meningkatkan kinerja pelayanan dengan adanya sejumlah permasalahan dari nasabah dan rencana pendampingan permodalan yang lebih baik. Adanya sistem informasi pengaduan berbasis web ini diharapkan dapat dijadikan alternatif Kepala cabang dalam menilai kinerja karyawan dilapangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-29

How to Cite

Sumistriani, O., & Atmojo, W. T. (2022). Perancangan Sistem Informasi Layanan Pengaduan Nasabah Berbasis Web Pada PT. PNM Mekaar. Jurnal Inovasi Informatika, 7(2), 37-49. https://doi.org/10.51170/jii.v7i2.340