Peningkatan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19
Keywords:
literasi digital, konten digital, covid-19, transformasi digitalAbstract
Pandemi Covid-19 yang menjadi wabah global dunia dan juga melanda Indonesia, mau tidak mau memaksakan terjadinya percepatan transformasi digital. Namun hal ini dapat tidak tercapai dikarenakan tingkat literasi digital masyarakat Indonesia yang masih rendah, ditunjukkan dengan masih banyaknya masyarakat yang belum dapat mengidentifikasikan hoaks dan Indonesia menempati ranking ke-56 dari 63 negara dalam IMD World Digital Competitiveness Ranking 2019. Untuk mengatasi hal tersebut sebagai upaya peningkatan literasi digital masyarakat Indonesia, diperlukan kegiatan yang berkesinambungan dan proses yang cukup panjang. Kegiatan yang dilakukan pada pengabdian kepada masyarakat ini baru merupakan tahap awal dari keseluruhan kegiatan yang akan dilakukan. Seminar online dan pembuatan konten digital terkait topik literasi digital dilaksanakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat selama 6 bulan ini. Konten digital akan dipublikasikan secara online melalui platform yang telah disediakan oleh pihak mitra dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, yaitu PT. Sociopreneur Hub Indonesia