Tingkat Kepuasan Kampung Wisata Keranggan Terhadap Sosialisasi E-Commerce Tokopedia, Shopee, dan Inventaris

Authors

  • Evelyn Pradita University
  • Fauriyah Pradita University
  • Dennis Anthony Pradita University

DOI:

https://doi.org/10.51170/jpm.v2i1.215

Keywords:

Sosialisasi, Kampung Wisata Keranggan, E-Commerce

Abstract

Kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) pada tahun 2021 telah dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Pradita di Kampung Wisata Keranggan. Kegiatan KKN ini dilaksanakan secara daring akibat adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berlaku. Salah satu program kerja yang dilakukan oleh kelompok KR-1 adalah sosialisasi Tokopedia, Shopee dan Inventaris. Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan dari kegiatan sosialisasi E-Commerce Tokopedia, Shopee dan Inventaris yang telah dilaksanakan. Adapun data yang diperoleh yaitu menggunakan metode wawancara bersama Bapak Alwani yaitu sukarelawan Pokdarwis UMKM Kampung Wisata Keranggan. Hasil dari kegiatan penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan yang diterima oleh masyarakat terhadap kegiatan sosialisasi yaitu sangat baik. Namun terdapat juga saran berupa harapan dari masyarakat Kampung Wisata Keranggan yaitu materi yang telah disampaikan dapat diimplementasikan oleh seluruh UMKM. Kelompok KR-1 juga menyarankan untuk program KKN selanjutnya diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan program yang telah ada seperti melakukan sosialisasi fitur baru yang ada dalam E-Commerce Tokopedia dan Shopee ataupun E-commerce lainnya seperti Lazada, Bukalapak dan JD.ID.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-01

How to Cite

Hansel, E., Irfah, F., & Anthony, D. (2022). Tingkat Kepuasan Kampung Wisata Keranggan Terhadap Sosialisasi E-Commerce Tokopedia, Shopee, dan Inventaris. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 42-47. https://doi.org/10.51170/jpm.v2i1.215