Transformasi Kawasan Hunian Menjadi Kawasan Komersil Studi Kasus Kawasan kemang

Authors

  • Hendi Anwar Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.51170/jtd.v1i2.6

Keywords:

Rancang Kota, Transformasi Kawasan, Kemang

Abstract

Secara administratif, kawasan Kemang berada dalam wilayah Kecamatan Mampang Prapatan, Kota Administratif Jakarta Selatan. Pada awalnya berdasarkan Rencana Induk Kota (RIK) Tahun 1965 – 1985 kawasan Kemang memuat peruntukan lahan perkotaan (urban type) dan peruntukan lahan pedesaan. Kemang merupakan salah satu bagian tertentu Kota Jakarta yang tergolong sebagai tipe kampung, dengan penggunaan untuk bangunan 5% hingga 20%. Pada saat ini perkembangan kawasan Kemang dan hunian baru tidak lagi seperti kampung Kemang lama. Secara bertahap terjadi pergeseran fungsi yang awalnya merupakan Kawasan permukiman menjadi Kawasan komersial. Hal tersebut semakin berkembang dengan jalan atau gang atau taman, maupun ruang terbuka hijau berganti menjadi jalur – jalur komersial dan plaza, tidak lagi diperhatikan aspek tempat tinggal, pergerakan dan aktivitas antar rumah sehingga berkurangnya kesempatan terjadinya kontak sosial dan komunikasi antar warga.

Pada penelitian ini proses observasi menggunakan metode wawancara serta observasi lapangan dengan metode kualitatif. Penelitian ini berupa usulan teknis dalam pengembangan Kawasan yang telah terjadi transformasi dalam hal ini menggunakan studi kasus kawasan Kemang Jakarta, usulan teknis tersebut dapat digunakan menjadi salah satu pertimbangan dalam pengembangan Kawasan Kemang yang menurun kualitas ruang akibat transformasi kawasan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-01-29

How to Cite

Anwar, H. (2020). Transformasi Kawasan Hunian Menjadi Kawasan Komersil Studi Kasus Kawasan kemang. Jurnal Teknologi Dan Desain, 1(2), 36-44. https://doi.org/10.51170/jtd.v1i2.6