Strategi Pemasaran UMKM Melalui Pendampingan di ”Kedai Sambal Cobek Bu Yudhi”
DOI:
https://doi.org/10.51170/jtmam.v1i02.114Keywords:
strategi pemasaran, pendampingan, umkm, media sosial , brand awarenessAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau yang lebih dikenal dengan UMKM memiliki peranan strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Namun, banyak UMKM menghadapi kendala dalam aspek pemasaran, terutama dalam memanfaatkan media digital di antaranya adalah “Kedai Sambal Cobek Bu Yudhi”, Gading Serpong, Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran melalui pendampingan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode Participatory Action Research (PAR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran melalui pendampingan mampu meningkatkan identitas merek, kehadiran digital, serta akses pasar UMKM. Kegiatan seperti pembuatan logo, pengelolaan media sosial, hingga desain ulang menu, terbukti efektif dalam memperkuat daya saing usaha di era digital.