Pengaruh Daya Tarik Visual Aplikasi dan Deskripsi Produk terhadap Niat Beli Konsumen Shopee Dimoderasi oleh Perceived Trust

Authors

DOI:

https://doi.org/10.51170/jtmam.v1i02.208

Keywords:

Belanja Online, Daya Tarik Visual Aplikasi, Deskripsi Produk, Niat Beli, Shopee

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui adanya pengaruh daya tarik visual dan deskripsi di aplikasi Shopee dimoderasi oleh perceived trust. Melalui pendekatan kuantitatif, karakteristik sampel penelitian ini adalah pengguna aplikasi tersebut yang berdomisili di Kota Tangerang, Banten. Data yang terkumpul dari 151 responden diolah melalui analisis structural equation modeling menunjukkan hasil penelitian yang signifikan antara faktor-faktor tersebut terhadap niat beli konsumen Shopee di Kota Tangerang, serta moderasi persepsi kepercayaan pelanggan. Masyarakat Kota Tangerang menilai bahwa semakin menarik media visual yang digunakan oleh sebuah toko online dan semakin lengkap sebuah informasi atau deskripsi yang tertera pada produk yang ditawarkan berpotensi untuk meningkatkan timbulnya niat atau kehendak konsumen Shopee. Penelitian ini mengharapkan peningkatan dalam pemahaman preferensi pengguna Shopee terhadap visualisasi aplikasi Shopee dan akurasi serta kebaruan informasi produk yang ada pada deskripsi guna memaksimalkan pengalaman belanja konsumen Shopee di Kota Tangerang.

Downloads

Published

2025-08-31

Issue

Section

Articles