Pengaruh Content Marketing, Live Streaming dan Influencer Endorser Terhadap Impulsive Buying Pada Toko ROOHA di SHOPEE

Authors

  • Vincent Anggara Majemen Retail, Manajemen dan Humaniora, Universitas Pradita
  • William Widjaja Majemen Retail, Manajemen dan Humaniora, Universitas Pradita

Keywords:

content marketing, live streaming, influencer endorser, impulsive buying, e-commerce

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh content marketing, live streaming, dan influencer endorser terhadap impulsive buying. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan Ex-post facto. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 316 responden yang merupakan pembeli toko ROOHA di Shopee dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian: (1) Content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying (0,000); (2) Live streaming berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying (0,000); (3) Influencer endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying (0,000); (4) Content marketing, live streaming, dan influencer endorser secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying dengan nilai adjusted R2 (45,2%). Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi pemasaran digital melalui content marketing, live streaming, dan influencer endorser efektif dalam mendorong perilaku pembelian impulsif konsumen pada platform e-commerce.

Author Biographies

Vincent Anggara, Majemen Retail, Manajemen dan Humaniora, Universitas Pradita

Manajemen Ritel, Manajemen dan Humaniora, Universitas Pradita, Tangerang, Indonesia

William Widjaja, Majemen Retail, Manajemen dan Humaniora, Universitas Pradita

Manajemen Ritel, Manajemen dan Humaniora, Universitas Pradita, Tangerang, Indonesia

Vol 01 No 01 Maret 2025 Halaman 65-72

Downloads

Published

2025-03-29

Issue

Section

Articles