Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Live Streaming di Tiktok Shop

Penulis

  • Apri Sriyuni Pradita University
  • William widjaja

DOI:

https://doi.org/10.51170/jtmam.v1i02.246

Abstrak

Pertumbuhan TikTok sebagai platform media sosial interaktif menjadikannya kekuatan baru dalam dunia e-commerce melalui fitur live streaming. Indonesia sebagai pasar terbesar TikTok Shop menunjukkan tingginya partisipasi konsumen dalam transaksi digital, yang dipengaruhi oleh persepsi terhadap merek. Dalam konteks ini, brand awareness dan brand image menjadi faktor penting yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen,khususnya saat berinteraksi langsung dengan penjual selama siaran langsung.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran merek dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen dalam konteks live streaming di TikTok Shop. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner kepada 200 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik kesadaran merek maupun citra merek secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Konsumen lebih cenderung membeli produk dari merek yang dikenal dan memiliki citra positif, terutama jika dipresentasikan secara meyakinkan dalam sesi live streaming.

Diterbitkan

2025-08-31

Terbitan

Bagian

Articles