Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku Konsumen Motor Listrik Merek Viar di Indonesia dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)

Penulis

  • Budi Setiawan Majemen Retail, Manajemen Dan Humaniora, Universitas Pradita
  • Adryan Rachman Majemen Retail, Manajemen dan Humaniora, Universitas Pradita

Kata Kunci:

Environmental awareness, Perceived ease of use, Green Buying Decision, Motor Listrik, TAM

Abstrak

memengaruhi perilaku konsumen dalam membeli motor listrik merek Viar di Indonesia menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Fokus penelitian mencakup pengaruh Environmental awareness, Perceived ease of use, dan Perceived ease of use terhadap Green Buying Decision. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan menggunakan metode purposive sampling, melibatkan 385 responden yang memiliki minat terhadap motor listrik di wilayah Jabodetabek. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Environmental awareness, Perceived ease of use, dan Perceived ease of use memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Buying Decision motor listrik Viar. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi perusahaan untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif, serta mendukung pemerintah dalam merancang kebijakan adopsi kendaraan ramah lingkungan

Biografi Penulis

Budi Setiawan, Majemen Retail, Manajemen Dan Humaniora, Universitas Pradita

Majemen Retail, Manajemen Dan Humaniora, Universitas Pradita, Tangerang, Indonesia

Adryan Rachman, Majemen Retail, Manajemen dan Humaniora, Universitas Pradita

Majemen Retail, Manajemen dan Humaniora, Universitas Pradita, Tangerang, Indonesia

Vol 01 No 01 Maret 2025 Halaman 57-64

Diterbitkan

2025-03-29

Terbitan

Bagian

Articles