Analisis Kebutuhan dan Fleksibilitas Ruang pada Komunitas Esport dan Hiburan

Authors

  • Christine Lee Pradita University
  • Anisza Ratnasari Pradita University

Keywords:

Esport, Fleksibilitas Ruang, Desain Adaptif, Arsitektur Digital, Fasilitas Pertandingan

Abstract

Pertumbuhan industri esport di Indonesia memunculkan kebutuhan fasilitas fisik yang dirancang khusus dan fleksibel. Penelitian ini bertujuan menganalisis fleksibilitas ruang dalam fasilitas esport. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan menerapkan tinjauan pustaka dengan menggunakan pendekatan studi kasus, yaitu: Cooper Box Arena dan Esport Stadium Arlington. Fokus utama penelitian adalah menganalisis penerapan prinsip fleksibilitas ruang menurut Geoffrey Broadbent yaitu: adaptable, universal, movable, transformable, dan responsive. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan prinsip tersebut memungkinkan efisiensi penggunaan ruang, penyesuaian terhadap berbagai skenario kegiatan, serta peningkatan pengalaman pengguna. prinsip fleksibilitas ruang menurut Geoffrey Broadbent yaitu: adaptable, universal, movable, transformable, dan responsive ternyata sangat relevan dalam menciptakan ruang Esport yang adaptif, multifungsi, dan berkelanjutan. Fasilitas esport perlu didesain tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan kompetisi, tetapi juga untuk aktivitas komunitas, pelatihan, dan hiburan. Temuan ini memberikan dasar perancangan fasilitas esport di Indonesia yang lebih adaptif dan kontekstual. Oleh karena itu, pendekatan desain arsitektural yang mempertimbangkan fleksibilitas ruang dapat menjadi solusi penting untuk menjawab tantangan infrastruktur esport di Indonesia.

Downloads

Published

2025-08-31