Perancangan Ulang Identitas Visual Rumah Makan Tenda Biru
Keywords:
Rebranding, Identitas Visual, Rumah MakanAbstract
Rumah makan Tenda Biru adalah sebuah rumah makan di Palembang yang berdiri sejak 1998, berfokus pada makanan khas Palembang dan jasa catering. Saat ini, identitas visual Rumah Makan Tenda Biru masih terbatas pada logo yang kurang mencerminkan kesan sebuah rumah makan, tampak kurang harmonis dan tidak menyatu sebagai satu kesatuan yang kuat. Penggunaan singkatan "TB" di dalamnya kurang deskriptif, sehingga berpotensi membingungkan konsumen. Perancangan ini dilakukan sebagai upaya untuk repositioning Rumah Makan Tenda Biru agar dapat tetap eksis di tengah persaingan industri kuliner yang semakin marak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berfokus pada jawaban deskriptif. Proses perancangan diawali dengan wawancara dengan pemilik usaha dan desainer grafis, studi literatur terhadap karya ilmiah terkait, dan observasi. Hasil dari perancangan ini mencakup logo utama, warna, tipografi, serta buku panduan grafis identitas visual. Identitas visual yang baru juga diterapkan pada berbagai macam media, seperti papan nama, baju seragam, dan dokumen rumah makan. Dengan perubahan ini, diharapkan Tenda Biru dapat menarik perhatian segmen pasar baru yaitu anak muda karena sebagian besar peminat rumah makan Tenda Biru adalah generasi yang lebih tua dengan rentang umur 40-60 tahun. Tidak lupa, peracangan ulang juga diharapkan tetap dapat mempertahankan pelanggan lama dan citra serta kesan khas yang sedari dulu telah melekat ada.