Perancangan Maskot Sebagai Media Promosi Kiddy.Id
Keywords:
Maskot, Desain Karakter, Media PromosiAbstract
Meningkatnya beban finansial keluarga muda akibat inflasi dan tingginya biaya perlengkapan anak mendorong popularitas layanan rental perlengkapan ibu, bayi, dan mainan anak seperti Kiddy.Id. Untuk tetap eksis di tengah kompetisi industri yang kian sengit, diperlukan strategi yang mampu membedakan diri dari kompetitor. Salah satu strategi potensial adalah perancangan maskot sebagai aset media promosi. Maskot berperan sebagai representasi identitas merek yang menarik dan bersahabat, serta memiliki kemampuan membangun koneksi emosional dengan pelanggan (Abdurrohman et al., 2023). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara dengan pemilik Kiddy.Id dan desainer merek dari sebuah agensi, serta observasi visual terhadap maskot berbagai brand. Hasilnya menunjukkan bahwa maskot yang efektif adalah maskot yang relevan dengan nilai merek dan memiliki visual menarik. Visual menarik dalam konteks ini bukan hanya sekadar lucu atau cantik, tetapi mampu meninggalkan impresi yang kuat dan mudah dikenali. Dengan mempertimbangkan target pasar Kiddy.Id dan visinya sebagai rental favorit ibu masa kini, dirancanglah maskot berupa dua karakter beruang ibu dan anak dengan bentuk dasar lingkaran dan oval serta garis lengkung untuk kesan ramah, serta proporsi tubuh dan fitur wajah yang dieksagerasi untuk memberikan daya tarik tersendiri. Maskot ini menggunakan gaya flat design dan palet warna coklat dipadukan dengan elemen warna logo untuk menjaga konsistensi visual brand. Kehadiran maskot ini diharapkan mampu meningkatkan visibilitas brand melalui implementasinya dalam berbagai media promosi secara konsisten.