Big Data dalam Bisnis: Studi Literatur dan Penerapannya di Indonesia
Keywords:
Big Data; Bisnis; Teknologi Informasi; UMKM; Indonesia; Studi LiteraturAbstract
Artikel ini mengkaji penerapan Big Data dalam dunia bisnis, dengan fokus pada implementasi di Indonesia. Big Data merujuk pada data dalam volume besar dan kompleks yang memerlukan teknologi dan metodologi canggih untuk diolah dan dianalisis. Melalui studi literatur yang komprehensif terhadap tujuh artikel ilmiah terbaru, tulisan ini bertujuan untuk menggali manfaat, teknologi, tantangan, serta konteks penerapan Big Data di berbagai sektor bisnis di Indonesia, seperti UMKM, industri, logistik, dan e-commerce. Hasilnya menunjukkan bahwa meskipun Big Data membawa peluang besar untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing bisnis, terdapat tantangan serius yang perlu diperhatikan, seperti keterbatasan infrastruktur, sumber daya manusia, dan perlindungan data pribadi.Downloads
Published
2025-04-30
Issue
Section
Articles