Pola Aktivitas Pengunjung MRT Blok M Terkait Sense of Place
DOI:
https://doi.org/10.51170/jimtd.v1i1.71Keywords:
MRT, Pejalan Kaki, Ruang Publik, Sense of Place, KonektivitasAbstract
Penulisan makalah ini bertujuan untuk menganalisis pola aktivitas pengunjung. Sasaran dari makalah ini adalah arah pengunjung MRT Blok M yang mengarah pada Blok M Plaza atau Taman Martha Tiahahu. Terdapat jalur yang diminati dan lebih ramai dibanding yang lainnya terkait persepsi masing-masing pengunjung terhadap tempat yang ingin dikunjungi. Distribusi ruang publik pada bangunan secara umum biasanya terdapat pada lantai dasar, sementara berbeda dengan Blok M Plaza yang terkoneksi dengan MRT di lantai atas. Banyaknya pengunjung pada lantai upper ground pada mall menjadikan ruang publik pada lantai tersebut dan Taman Martha menjadi tempat dengan aktivitas pengunjung yang signifikan. Urgensi penulisan makalah penelitian ini terletak pada keterkaitan emosional pengunjung terhadap sense of place yang hadir di area MRT Blok M, dengan fokus utama yaitu pemahaman ragam kualitas ruang. Metode penulisan ini melibatkan identifikasi suasana ruang, pemetaan pola pergerakan pengunjung dari dalam bangunan hingga ke ruang publik, serta wawancara dengan pengunjung untuk mengetahui pendapat pengunjung tentang efektivitas jalur. Hasil dari penelitian ini dibahas berkaitan dengan sense of place secara deksriptif. Diharapkan hasil dari penulisan ini dapat menambah pemahaman yang lebih baik tentang preferensi dan pengalaman ruang pengunjung dalam berinteraksi dengan ruang publik khususnya di sekitar MRT Blok M sehingga desain optimalisasi nantinya dapat lebih mempertimbangkan sense of place.
Downloads
Published
2025-03-30
Issue
Section
Articles